Apa itu TPS?

Apa itu TPS?

TPS adalah singkatan dari Tes Potensi Skolastik yang merupakan salah satu jenis tes selain TKA (Tes Kemampuan Akademik) dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) mulai tahun 2019. Ya, pelaksanaan dan jenis tes SBMPTN mulai tahun 2019 memang berbeda dengan tahun 2018 dan sebelumnya. Selain tes diadakan sebanyak 20 kali, mata pelajaran yang diujikan juga bukan lagi TKPA dan TKD seperti SBMPTN sebelumnya, melainkan TPS dan TKA. Tes Potensi Skolastik mungkin terdengar asing. Sebenarnya apa, ya, tes potensi skolastik itu?

 Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi, disamping kemampuan akademik.

Prof. Intan Ahmad, Ph.D., Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, menjelaskan jika TKA adalah kompetensi yang ditentukan oleh level dan kecanggihan masing-masing SMA, berbeda dengan TPS yang akan menilai potensi calon mahasiswa secara pribadi.

Materi Tes Potensi Skolastik terbagi dalam 4 subtes: 

1. Penalaran umum
2. Pemahaman bacaan dan menulis
3. Pengetahuan dan pemahaman umum
4. Pengetahuan kuantitatif

Tiap-tiap subtes terdiri dari 20 soal dengan alokasi pengerjaan setiap subtes dibatasi waktu sesuai tabel.

Hits: 2081

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *